Patiara, John and Soedharto, Bondan and Renwarin, Herman and Osbabur, Mecky (1986) Dampak sosial budaya akibat menyempitnya lahan pertanian desa Waena Propinsi Irian Jaya. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi penjelasan tentang dampak sosial budaya akibat menyempitkan lahan pertanian Desa Waena)
DAMPAK SOSIAL BUDAYA AKIBAT MENYEMPITNYA LAHAN PERTANIAN DEA WAENA IRIAN JAYA.PDF - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (36MB) | Preview

Abstract

1. Satuan lingkungan pertanian Desa Waena (baca: Kampung Waena) mengalami penyempitan lahan yang cukup besar. Petani cocok tanam Waena dengan sistem berpindah-pindah merasakan benar akibat penyempitan lahan tersebut. Banyak sekali lahan/bekas lahan perladangan mereka yang telah beralih fungsi keperuntukan lain seperti pemukiman, perkantoran dan sarana kehidupan lainnya. Di samping itu beratus-ratus hektar lahan/bekas lahan perladangan telah menjadi lahan kritis yang tidak produktif lagi bila diolah menjadi lahan pertanian.
2. Pada penduduk asli Waena dampak penyempitan lahan pertanian mendorong makin derasnya mobilitas fisik (keruangan) warga masyarakat yang berusaha sekuat tenaga mencari mata pencaharian lain seperti pegawai negeri sipil/militer, buruh/kuli harian pada perusahaan negara/swasta, dan sebagainya.
3. Dengan semakin banyaknya pembangunan pemukiman baru dan sarana kehidupan lainnya di lingkungan dan sekitar desa Waena, desa tersebut semakin "terbuka" terhadap dunia luar. Dengan demikian akulturasi kebudayaan semakin cepat dan dalam beberapa segi cukup menguntungkan karena mendorong lajunya peningkatan kesejahteraan penduduk asli setempat. Namun ekses dari keterbukaan tersebut banyak juga terjadi seperti persaingan antar warga asli Waena, persaingan antara warga asli dengan pendatang dari luar yang kadang-kadang menjurus pada terjadinya konflik-konflik sosial yang semakin tajam.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:16
Last Modified: 05 Feb 2024 02:16
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29685

Actions (login required)

View Item View Item