Madauna, Supri and Wunbu, Indra B. and Hamid, Ilyas Abd. and Noor, Suyuti A and Hasan, Hasan and Lamaruangi, Nadjemuddin (1994) Dampak perkembangan pendidikan terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat pedesaan di Sulawesi Tengah. Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Sulawesi Tengah, Palu.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi penjelasan tentang dampak perkembangan pendidikan di Sulawesi Tengah)
DAMPAK PERKEMBANGAN PENDIDIKAN TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA DI SULTENG.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (46MB) | Preview

Abstract

Dari hasil penelitian tentang dampak pengembangan pendidikan terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat daerah Sulawesi Tengah dapat ditarik suatu kesimpulan sebagai berikut :
1. Pengembangan Pendidikan telah menyentuh masyarakat di daerah Sulawesi Tengah dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Hal ini didukung oleh berbagai faktor, antara lain lancarnya komunikasi dari tempat ke tempat lainnya.
2. Dampak Pengembangan Pendidikan secara positif tampak dalam pengendalian perkembangan penduduk, Masyarakat telah menyadari bahwa bila anggota keluarga {anak) cukup banyak, sangat sulit memenuhi pendidikannya. Masyarakat beranggapan betapa pentingnya pendidikan untuk setiap anggota keluarga.
3. Di lihat dari stuktur dan komposisi keluarga, ternyata terjadi sedikit pergeseran peran anggota keluarga. lbu sebagai pengatur urusan dalam rumah tangga sudah sering pula melaksanakan tugas-tugas ayah sebagai kepala rumah tangga, mencari nafkah, menghidupi keluarga. Demikian pula anak yang telah besar. Ia ikut pula dalam urusan-urusan keluarga, termasuk memilih pasangan hidupnya. Masalah terakhir ini bukan lagi semata-mata pilihan orang tua.
4. Keakraban hubungan antara anggota keluarga menunjukkan perusahaan. Pertemuan anggota keluarga di rumah dalam waktu yang sangat singkat karena setiap anggota keluarga tenggelam dalam kesibukannya masing-masing.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran > Pariwisata
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:02
Last Modified: 05 Feb 2024 02:02
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29681

Actions (login required)

View Item View Item