Achmad, Ramli and Basyir, M. and Yusba, M. Taufik (1993) Peralatan pertanian dan nelayan tradisional masyarakat Bengkulu. Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi deskripsi tentang peralatan pertanian dan nelayan tradisional)
PERALATAN PERTANIAN DAN NELAYAN TRADISIONAL MASYARAKAT BENGKULU.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (23MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Provinsi Bengkulu pada umumnya bermata pencaharian sebagai Petani dan Nelayan. Hal ini dimungkinkan karena letaknya yang berada di kaki Bagian Barat Bukit Barisan dan di tepi Pantai Samudera Indonesia. Sehingga daerahnya memiliki tanah yang subur dan lautan yang luas yang mengandung banyak ikan. Meskipun demikian, sebagai masyarakat petani dan Nelayan mereka masih menggunakan peralatan yang sederhana, yaitu yang dibuat dari bahan lingkungannya dan dikerjakan secara tradisional (turun-temurun).

Pengaruh modernisasi belum nampak begitu jelas, karena tingkat penghasilan belum memungkinkan untuk mengganti peralatan tradisional ke peralatan modern. Namun demikian sesuai dengan perkembangan zaman, maka pada masa yang akan datang peralatan tradisional ini secara perlahan-lahan akan menghilang. Bila hal ini tidak didokumentasikan mulai sekarang dikhawatirkan masyarakat tidak akan lagi mengetahui nilai-nilai yang ada pada masyarakat masa lampau. Dalam buku peralatan pertanian tradisional dan nelayan tradisional yang akan diuraikan ini dimaksudkan untuk menjelaskan cara penggunaan yang dilakukan masyarakat Provinsi Bengkulu. Peralatan - peralatan ini masih sangat berperan penting dalam kehidupan sehari - hari bagi masyarakat petani dan
nelayan di Bengkulu.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:56
Last Modified: 05 Feb 2024 01:56
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29678

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot