Tachier, A and Subardi, Subardi and Hutomo, Prioyulianto and AP, Lamech (1991) Dampak pengembangan pariwisata terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat Pulau Biak dan Wamena Propinsi Irian Jaya. Bagian Proyek Inventarisasi dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Irian Jaya, Jayapura.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi penjelasan tentang dampak pengembangan pariwisata yang ada di Pulau Biak dan Wamena)
DAMPAK PENGEMBANGAN PARIWISATA TERHADAP KEHIDUPAN SOSBUD PROP IRIAN JAYA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (47MB) | Preview

Abstract

Ada beberapa gejala menarik yang muncul bersamaan atau sebagai akibat dari hadirnya industri pariwisata di pulau Biak dan daerah Wamena. Gejala yang nampak adalah terjadinya perubahan berfikir dan kegiatan, baik secara individu maupun kelompok. Sudah banyak anggota masyarakat yang mulai berfikir bahwa salah satu antisipasi untuk menjawab tantangan dan peluan industri pariwisata - terutama di daerah pulau Biak - adalah melalui pendidikan. Ini merupakan tantangan positif.
Dampak negatif lain yang terjadi adalah berkurangnya tenaga untuk bekerja di ladang. Sudah banyak pemuda setempat terutama dari daerah Tiom - yang tidak begitu tertarik untuk membantu orang tua mengerjakan kebun, bahkan mengerjakan kebun sendiri, karena mereka lebih senang bekerja sebagai penunjuk jalan dan porter bagi wisatawan yang datang yang ingin menikmati pemandangan alam Jayawijaya. Para pemuda kadang-kadang pergi mengantar wisatawan ke Agats di Kabupaten Merauke, berjalan kaki, selama satu bulan; dan pekerjaan ini pada musim wisatawan bisa dilakukan berkali-kali. Sehingga tidak ada lagi waktu bagi mereka untuk mengerjakan kebun.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran > Pariwisata
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:25
Last Modified: 05 Feb 2024 01:25
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29675

Actions (login required)

View Item View Item