Yunus, R. Hamzah and Tarigan, Nismawati and Cendrakasih, Yunita (1992) Dampak pengembangan pariwisata terhadap budaya daerah Riau. Proyek Inventarisasi Dan Pembinaan Nilai-Nilai Budaya Daerah Riau, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Tanjung Pinang.

[img]
Preview
Text
DAMPAK PENGEMBANGAN PARIWISATA TERHADAP BUDAYA DAERAH RIAU.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (27MB) | Preview

Abstract

Tema penelitian ini adalah Dampak pariwisata terhadap kebudayaan Daerah, maka analisis ini akan bertumpu pada masalah kebudayaan daerah melayu Riau pengembangan pariwisata pulau Bintan cenderung akan menyajikan kegiatan itu suatu kesempatan emas, menjadi primadona yang menggiurkan dalam perekonomian daerah ini. Secara ekplisit pariwisata jelas berhubungan dengan kebudayaan, bahkan yang diperkanalkan, dipertontonkan dan menjadi daya tarik untuk dikomersilkan itu adalah kebudayaan, karena itu fungsi kebudayaan dalam pengembangan pariwisata Pulau Bintan dan sekitarnya berubah menjadi suatu komoditi, suatu barang dagangan utama. Dengan pengembangan pariwisata yang bersifat komoditi itu berarti kita akan kebanjiran wisatawan, akan kebanjiran kebudayaan asing dan kebudayaan kita sendiri akan kita pariwisatakan. Bukan sebuah mimpi jika pada tahun-tahun yang akan datang Pulau Bintan kian semarak dikunjungi wisatawan mancanegara.
Untuk mereka-mereka yang bergerak di bidang kepariwisataan harus dapat; mempertimbangkan secara matang peranan kebudayaan, yang bukan saja merupakan karya-karya atau hasil dari masa silam dalam bentuk peninggalan-peninggalan atau monumen yang bersifat arsitektural, ritual, artistik dan historis, melainkan kelanjutan dan kesinambungan kemampuan daya kreasi kebudayaan melayu itu di masa lampau.
lmplikasi ekonomi dalam hubungan pariwisata dengan kebudayaan yang dinyatakan dalam bentuk penggunaan kekayaan kebudayaan untuk tujuan atraksi seperti pertunjukkan, pameran, festival dan sebagainya dari berbagai cahang kesenian yang dalam keseluruhan aktivitasnya memberikan kesempatan kerja bagi seniman, pengatur penyelenggara teknis, organisator, pelaksana administratif dan sebagainya.
Implikasi sosial yang ditimbulkan oleh hubungan antara pariwisata dengan kebudayaan adalah keuntungan yang positif dari hasil pendekatan masyarakat yang berasal dari berbagai peradaban yang mempunyai latar belakang kebudayaan yang berbeda-beda akan membawa saling pengertian dan kerjasama.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran > Pariwisata
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 05:57
Last Modified: 27 Nov 2023 05:57
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29668

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot