Rumintjap, A.J. and Rumagit, M.E.P. and Wuwungan, A. (1994) Dampak pembangunan pendidikan terhadap kehidupan sosial budaya di daerah Sulawesi Utara. Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Sulawesi Selatan, Manado.
|
Text (Buku ini berisi penjelasan tentang dampak pembangunan pendidikan terhadap kehidupan masyarakat Sulut)
DAMPAK PEMBANGUNAN PENDIDIKAN TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA DAERAH SULUT.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (40MB) | Preview |
Abstract
Dengan memperhatikan letak lokasi penelitian dan arus transportasi yang cukup lancar, menyebabkan masyarakat dapat memperoleh informasi-informasi dan perubahan-perubahan khususnya mengenai pembangunan pendidikan dewasa ini. Hal ini juga turut memengaruhi pola-pola kehidupan masyarakat dalam berbagai aspek dan cenderung secara berangsur-angsur pola kehidupan yang lama akan menyesuaikan dengan pola kehidupan baru.
Kemajuan-kemajuan yang dicapai di desa Moyag yakni adanya kontak maupun interaksi dengan budaya luar maupun dipengaruhi oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi . Pembangunan secara fisik dapat dilihat melalui saran dan prasarana atau fasilitas-fasilitas lainnya yang ada di desa. Hal ini dapat dilihat melalui kondisi jalan antar kecamatan ke ibukota kabupaten, bahkan sebagian besar jalan-jalan desa sudah di aspal sehingga memperlancar arus komunikasi. Demikian pula alat-alat transportasi sudah cukup baik sehingga memudahkan penduduk untuk bepergian. Sarana pendidikan sudah tersedia, seperti TK, SD dan SMP, begitu pula tempat-tempat peribadatan, balai desa dan lapangan olahraga. Fasilitas-fasilitas lain ialah penyediaan air bersih melalui PAM, menggunakan listrik sebagai alat penerang dan sebagainya.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan |
Divisions: | Direktorat Jenderal Kebudayaan |
Depositing User: | Sekretariat Ditjen Kebudayaan |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 08:40 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 08:40 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29664 |
Actions (login required)
View Item |