Utja, Djuariah M. and Zakaria, Saefullah and Djohan, Budiawati and Adeng, Adeng and Erwantoro, Heru and K., Enden Irma and Tresnawati, Yeti and Rosmana, Tjetjep and Arifin, Dedi S. (1994) Dampak pembangunan pendidikan terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat di Jawa Barat (studi kasus masyarakat Desa Majasetra di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung). Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Jawa Barat, Bandung.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi penjelasan tentang dampak pembangunan ekonomi pasar di Jawa Barat)
DAMPAK PEMBANGUNAN EKONOMI PASAR TERHADAP KEHIDUPAN SOSBUD MASYARAKAT DI JABAR.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (22MB) | Preview

Abstract

Perubahan kehidupan pokok dari pertanian ke industri telah mendorong warga masyarakat untuk mengikuti derap pembangunan ini antara lain dengan cara meningkatkan pengetahuan melalui pendidikan. Di samping itu dari pihak industri juga menuntut untuk mendapatkan buruh/karyawan yang memiliki pendidikan paling rendah Sekolah Dasar, bahkan mulai tahun 1991 persyaratan karyawan ditingkatkan menjadi tamat SLTP. Persyaratan pendidikan ini sejalan dengan peningkatan usia awal kerja. Peningkatan syarat usia untuk bekerja di industri (pabrik tekstil ) disebabkan oleh angka drop out lulus SD yang sangat tinggi. Adanya angka drop out yang tinggi dari Jawa Barat menyebabkan pihak pemerintah untuk berhati-hati memberi izin bekerja kepada anak yang belum selesai SLTP.
Orang-orang yang memiliki perusahaan tekstil di Majalaya umumnya tidak mempunyai latar belakang pendidikan yang cukup. Hanya beberapa orang saja yang mempunyai pendidikan formal. Pada waktu itu memang tidak perlu dituntut kepandaian tinggi yang utama adalah terampil.
Pada awalnya pengusaha-pengusaha Majalaya yang berhasil di hidang ekonomi bukan karena memiliki pengetahuan yang diperoleh dari sekolah melainkan dari pengalaman langsung dalam kehidupan bermasyarakat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:29
Last Modified: 02 Feb 2024 08:29
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29662

Actions (login required)

View Item View Item