Ramlan, Eddy and Widodo, Widodo and Ferdynand, Ferdynand (1993) Dampak pembangunan ekonomi (pasar) terhadap kehidupan sosial - budaya masyarakat di pedesaan Sumatera Selatan (suatu studi kasus di desa Air Batu Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Musi Banyuasin Peopinsi Sumatera Selatan). Proyek Penelitian Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya, Palembang.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi penjelasan tentang dampak pembangunan ekonomi)
DAMPAK PEMBANGUNAN EKONOMI TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL - BUDAYA SUMSEL.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (33MB) | Preview

Abstract

Dari hasil pengamatan, angket dan wawancara dengan sejumlah informan, dapat disimpulkan bahwa masuknya pasar di. Desa Air Batu telah mengubah kehidupan sosial budaya masyarakat setempat, terutama perilaku sosial ekonomi mereka yaitu menghargai waktu dan tenaga secara ekonomis.
Pembangunan pasar di Desa Air Batu telah mengubah peri laku ekonomis masyarakat dan orientasi produksi, yaitu lahirnya beberapa industri rumah tangga yang tidak lagi ditujukan kebutuhan keluarga melainkan lebih ditujukan bagi pemenuhan permintaan pasar. Demikian juga di bidang pertanian karena orientasi produksi adalah pasar maka jenis tanaman pun diarahkan pada jenis tanaman yang bernilai jual tinggi.
Agar pembangunan pasar memiliki manfaat secara maksimal, maka permintaan Daerah perlu mendorong para petani tradisional untuk selalu menanam jenis tanaman bernilai jual tinggi dan selalu meningkatkan mutu produksinya, dengan mendatangkan secara periodik petugas PPL ke desa ini.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:11
Last Modified: 02 Feb 2024 08:11
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29659

Actions (login required)

View Item View Item