Harsono, T. Dibyo and Esran, M. Juramadi and Sasmita, Sasmita and Sobuwati, Dwi (1995) Dampak pembangunan ekonomi (pasar) terhadap kehidupan sosial budaya daerah Riau (kasus desa Tembeling Kepulauan Riau). Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Riau, Tanjung Pinang.

[img]
Preview
Text
DAMPAK PEMBANGUNAN EKONOMI ( PASAR) TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA DAERAH RIAU (KASUS DESA TEMBELI.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (47MB) | Preview

Abstract

Kegiatan ekonomi bisa dianggap sebagai dasar dalam kehidupan manusia. Adanya sistem ekonomi sangat diperlukan masyarakat, seperti seperti halnya kegiatan di bidang politik, sosial, dan budaya. Semua hal tadi saling mempunyai keterkaitan. Usaha manusia untuk mendapatkan dan menggunakan makanan dengan cara yang sangat sederhana, merupakan contoh dari adanya sistem ekonomi. Setelah manusia berkembang maka tuntutan juga semakin banyak, sistem ekonomi juga semakin kompleks. Manusia terpaksa menyesuaikan diri dengan kebutuhan yang begitu banyak. Kebutuhan tidak lagi merupakan kebutuhan biologis semata-mata, tetapi sudah merupakan kebutuhan sosial juga.
Kegiatan ekonomi masyarakat Desa Tembeling, tidak bisa dilepaskan atau dipisahkan dengan latar belakang budayanya. Akan muncul pandangan orang luar yang salah, apabila konsep-konsep dalam ekonomi dipergunakan untuk mengkaji sistem ekonomi tradisional (subsistens). Tanpa memperhatikan latar belakang budaya masyarakat Melayu, khususnya di Desa Tembeling.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:24
Last Modified: 07 Nov 2023 03:24
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29654

Actions (login required)

View Item View Item