Mappiare, Syahrir and Koddang, Yasaf A. and Nawing, Kaharuddin and Nadjamuddin, Lukman and Siodjang, Baso and Tadurante, Usuludin (1995) Dampak globalisasi informasi dan komunikasi terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat pedesaan di Sulawesi Tengah. Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Palu.

[img]
Preview
Text
DAMPAK GLOBALISASI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (71MB) | Preview

Abstract

Globalisasi adalah suatu proses membumi, mendunianya suatu aspek dalam kehidupan masyarakat. Jika kata globalisasi ditambahkan lagi dengan kata informasi (Globalisasi informasi) maka telah mengandung pengertian proses mendunianya informasi yang mengakibatkan berbagai perubahan dalam kehidupan bermasyarakat, sebab dengan adanya arus informasi yang begitu cepat dan lancar, maka berbagai peristiwa yang terjadi dibelahan dunia barat akan segera diketahui oleh masyarakat yang ada dibelahan dunia timur dan sebaliknya melalui media informasi. Dengan demikian disadari ataupun tidak informasi-informasi turut pula memengaruhi pola kehidupan masyarakat.
Suatu yang tak dapat dipungkiri, masuknya sesuatu yang baru di tengah-tengah masyarakat pastilah memberi dampak baik positif maupun negatif. Demikian pula halnya dengan masuknya arus globalisasi informasi dan komunikasi di tengah-tengah masyarakat khususnya masyarakat Sulawesi Tengah.
Dampak yang paling nampak adalah dampak yang berkaitan dengan asas manfaat yang berbentuk abstrak seperti adanya perubahan-perubahan dalam pola pikir dan pandangan masyarakat terhadap berbagai hal, khususnya yang berkaitan dengan tata nilai yang sangat abstrak yang memiliki proses panjang dalam kehidupan masyarakat hingga terwujud menjadi suatu kenyataan misalnya melalui media elektronik (televisi) diperoleh informasi tentang teknik bercocok tanam yang baik; informasi semacam ini masih abstrak sifatnya lalu informasi tersebut dikembangkan dan dipraktekkan hingga menjadi kenyataan atau paling tidak sudah dapat menjadi· nilai tambah bagi pengetahuan pribadi petani (masyarakat).

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:21
Last Modified: 03 Jan 2024 06:21
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29644

Actions (login required)

View Item View Item