Widia, Wayan and Budiastra, Putu and Wirata, Gst Putu (1989) Cili sebagai lambang dewi kesuburan di Bali. Proyek Pembinaan Permuseuman Bali, Denpasar.

[img]
Preview
Text
CILI SEBAGI LAMBANG DEWI KESUBURAN DI BALI.PDF - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Image
COVER DEPAN CILI SEBAGI LAMBANG DEWI KESUBURAN DI BALI.jpg - Cover Image
Copyright All Rights Reserved

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kehidupan penduduk Bali yang taat sebagai penganut agama Hindu tidak dapat dilepaskan dari kegiatan ritual masyarakat sekitarnya. Pemujaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan segala manifestasinya dilaksanakan hampir setiap saat, dimulai dari kegiatan yang dilakukan di rumah sampai kepada pemujaan yang bersifat teritorial.
Dalam menunjukkan hormat kepadaNya, mereka tidak lupa menghaturkan banten (sajen) sebagai sarana yang sekaligus pula merupakan perwujudan rasa terima kasih umat kepada yang maha kuasa.
Sajen yang dipersembahkan ini terdiri dari makanan, buah-buahan yang ditata dengan rapi serta dihias dengan berbagai bentuk hiasan yang dibuat nasi, tepung, maupun daun-daunan yang berwarna-warni. Pada salah satu bentuk ini terdapat suatu hiasan yang juga merupakan simbol seorang wanita dengan pinggang ramping, dan hiasan kepala yang sedikit melebar. Bentuk simbol wanita seperti ini oleh masyarakat dinamai Cili.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:53
Last Modified: 23 Oct 2023 02:53
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29633

Actions (login required)

View Item View Item