Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar (2011) Pedoman pembinaan pendidikan akhlak mulia siswa melalui pengembangan budaya sekolah (sekolah dasar (sd)). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta.

[img]
Preview
Text
PEDOMAN PEMBINAAN PENDIDIKAN AKHLAK MULIA SISWA SD.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (11MB) | Preview

Abstract

Salah satu karakteristik Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) adalah adanya lingkungan yang aman dan tertib, dan nyaman sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan nyaman (enjoyable learning). Dengan lingkungan yang kondusif baik lingkungan fisik, sosial maupun psikologis dapat menumbuhkan dan mengembangkan motivasi untuk belajar dan bekerja dengan baik dan produktif.

Lingkungan fisik harus dibina dan dikelola sebaik mungkin, misalnya kebersihan ruangan, tata letak, fasilitas dan sebagainya. Demikian pula, lingkungan sosial-psikologis, seperti hubungan antar pribadi, kehidupan kelompok, kepemimpinan, pengawasan, bimbingan, kesempatan untuk maju, dan kekeluargaan diarahkan menjadi sistem budaya yang kuat ditandai dengan kecenderungan hampir semua level manajemen menganut seperangkat nilai dan metode yang sama dalam menjalankan organisasi.

Upaya untuk mengembangkan lingkungan budaya organisasi di sekolah terutama berkenaan tugas kepala sekolah selaku leader dan manajer di sekolah. Dalam hal ini, pengelola sekolah hendaknya mampu melihat lingkungan sekolahnya secara holistik, sehingga diperoleh kerangka kerja yang lebih luas guna memahami masalah-masalah yang sulit dan hubungan-hubungan yang kompleks di sekolahnya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Panduan/Pedoman
Pendidikan > Sekolah
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Direktorat Sekolah Dasar
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 05 Dec 2023 05:37
Last Modified: 05 Dec 2023 05:37
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29630

Actions (login required)

View Item View Item