Handari, Dedeh Rufaedah Sri and Trigangga, Trigangga and Sundari, Ekowati and Ernawati, Wahyu and Dewi, Ni Luh Putu Candra (2015) Buku panduan museum nasional gedung B. Museum Nasional, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi panduan museum nasional gedung B)
BUKU PANDUAN MUSEUM NASIONAL GEDUNG B.PDF - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (33MB) | Preview

Abstract

Tahun 1996- 2007 merupakan tahap-tahap pembangunan gedung baru Museum Nasional di sebelah Utara gedung lama (Gedung A). Sejalan dengan pembangunan tersebut Museum Nasional pun menyiapkan konsep pameran untuk mengisi ruang-ruang di sayap baru ini. Berbeda dengan penataan pameran di gedung lama, di Gedung Bini alur ceritanya didasarkan pada kerangka unsur-unsur kebudayaan, yang oleh Prof. Koentjaraningrat dikelompokkan menjadi tujuh isi pokok kebudayaan, meliputi: [1] Sistem Religi dan Upacara Keagamaan; [2] Sistemdan Organisasi Kemasyarakatan; [3] Sistem Pengetahuan; [4] Bahasa; [5] Kesenian; [6] Sistem Mata pencaharian Hidup; [7]. Sistem Teknologi dan Peralatan.
Setiap benda budaya karya manusia tentu menggambarkan fungsinya ke dalam unsur-unsur tersebut. Artinya, dilihat dari dimensi bentuk (form), ada koleksi yang menggambarkan sistem religi, sistem mata pencaharian hidup, kesenian, dan seterusnya. Dimensi bentuk tersebut kemudian dipadukan dengan pemilahan berdasarkan dimensi waktu (time). Dimensi waktu yang dipakai bersifat makro yang kemudian dapat diurai ke dalam rincian waktu yang lebih mikro. Pembagian dimensi waktu yang bersifat makro tersebut misalnya: masa prasejarah, masa pengaruh Hindu-Buddha, masa Kolonial, dan seterusnya.
Penataan koleksi dengan konsep pemaduan antara parameter unsur budaya dalam dimensi bentuk dan ruang serta parameter dimensi waktu tersebut diharapkan lebih memperjelas gambaran kepada para pengunjung. Dengan demikian benda-benda koleksi yang dipamerkan bisa lebih banyak berbicara karena satu sama lain saling melengkapi sehingga koleksi yang dipamerkan menjadi satu kesatuan yang utuh, tidak sekedar sekumpulan koleksi yang diletakkan di dalam suatu ruang.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Panduan/Pedoman
Pendidikan > Kebudayaan > Museum
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Museum Nasional
Direktorat Jenderal Kebudayaan > Museum Nasional
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 02 Feb 2024 04:39
Last Modified: 02 Feb 2024 04:39
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29556

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot