Haryono, Haryono and SD, Albertus Nikko and Wijanarko, Febri and Yosep, Ardian (2015) Mengenal cara penyelamatan fosil di Situs Sangiran. Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Sragen.

[img]
Preview
Text
MENGENAL CARA PENYELAMATAN FOSIL DI SITUS SANGIRAN.PDF - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penyelamatan temuan merupakan bagian penting dari pelestarian Benda Cagar Budaya (BCB) sehingga harus dilakukan dengan hati-hati dan dengan metode yang benar. Penyelamatan emuan dilakukan selain agar fosil terhindar dari kerusakan juga agar data yang menyertai penemuan fosil tersebut dapat diselamatkan dan didokumentasikan untuk kepentingan penelitian dan pengkajian ilmu pengetahuan.

Sampai sekarang Situs Sangiran terus menunjukkan bukti kekayaannya dengan terus ditemukannya fosil-fosil di sana. Fosil-fosil itu sebagian besar ditemukan secara tidak sengaja di lapisan tanah purba Situs Sangiran oleh masyarakat setempat. Seringkali karena ketidaktahuan masyarakat tentang cara teknis penyelamatan temuan, pada saat mereka mengangkat temuannya justru menyebabkan temuan itu menjadi rusak atau bahkan hancur. Oleh karenanya
secara terus-menerus perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, bahwa penyelamatan temuan fosil di Situs Sangiran seyogyanya hanya dilakukan dengan bantuan dan pengawasan petugas dari BPSMP Sangiran.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Arkeologi
Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:53
Last Modified: 09 Jan 2024 02:53
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29546

Actions (login required)

View Item View Item