Setiati, Dwi and Suarman, Suarman (2012) Budaya masyarakat Tionghoa di Tanjungpinang. Balai Pelestarian Nilai Budaya Tanjungpinang, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Tanjung Pinang.

[img]
Preview
Text
BUDAYA MASYARAKAT TIONGHOA DI TANJUNGPINANG.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (23MB) | Preview

Abstract

Keberadaan masyarakat Tionghoa di Tanjungpinang melengkapi kemajemukan suku bangsa di Indonesia. Tanjungpinang sebagai salah satu kota di Indonesia dengan konsentrasi jumlah penduduk Tionghoa yang cukup besar. Pembauran di antara berbagai kelompok etnis yang ada di kota ini pada dasarnya berlangsung dengan baik. Masyarakat Melayu, penduduk asal Kepulauan Riau, menerima kehadiran berbagai etnis, termasuk etnis Tionghoa, dengan sikap terbuka. Toleransi sangat terasa dalam pergaulan sehari-sehari diberbagai tempat. Sampai sejauh ini, orang Tionghoa dapat mencari penghidupan dengan tenang di Tanjungpinang.
Masyarakat Tionghoa di Tanjungpinang sebagian besar beragama Budha. Namun, dalam praktek kehidupan sehari-hari mereka tetap terikat dengan sistem kepercayaan dan adat istiadat yang diturunkan oleh nenek moyangnya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Kepulauan Riau
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:54
Last Modified: 12 Dec 2023 08:54
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29535

Actions (login required)

View Item View Item