Hartini, Sri and Wigati, Wigati (1996) Ajaran organisasi penghayat kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa: paguyuban among raga panggugah sukma. Direktorat Pembinaan Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan YME, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi penjelasan tentang ajaran organisasi penghayat kepercayaan Paguyuban Among Raga Panggugah Sukma)
AJARAN ORGANISASI PENGHAYAT KEPERCAYAAN TERHADAP TUHAN YME PAGUYUBAN AMONG RAGA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (10MB) | Preview

Abstract

Ajaran Paguyuban Among Raga Panggugah Sukma diperoteh tangsung oleh Bapak Pawiro Miseran dari Tuhan Yang Maha Esa, bukan warisan dari orang tuanya. Kemudian juga diperoleh lewat mimpi yang berulang-ulang. Dalam menjalankan laku tersebut beliau sering mengalarni hambatan. Namun, tidak mengurangi niatnya dalam menjalankan laku itu.
Tuhan adoh tanpa wangenan, cedhak tanpa senggolan, yang memiliki serba Maha (Maha Pemurah, Maha Pengasih dan Penyayang, maha Kuasa, dan Mahasuci), sehingga Tuhan mempunyai kekuasaan tidak terbatas. Manusia diciptakan Tuhan dari tetesan Adam dan Hawa yang disinari oleh Yang Maha suci. Mereka dilahirkan di dunia mempunyai empat saudara yaitu aluamah, amarah, supiah, dan mutmainah. Sedangkan alam sebelum manusia ada sudah diciptakan seperti sekarang ini, sehingga Paguyuban Among Raga Panggugah Sukma tidak mempelajari asal-usul alam. Oleh karena itu, dengan kenyataan yang telah diyakininya, maka warga Among Raga Panggugah Sukma berkewajiban manembah kepada Tuhan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 02 Feb 2024 01:44
Last Modified: 02 Feb 2024 01:44
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29466

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot