Santosa, Dwi Bambang and I Made, Purna and Cok. Istri, Suryawati and I Made, Sumarja and Raj., Riana Dyah Prawitasari and I Gusti Ngurah, Jayanti (2017) Tradisi bau nyale di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Inventarisasi Karya Budaya . Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali, Denpasar. ISBN 9786027961180

[img]
Preview
Text
TRADISI BAU NYALE DI PROPINSI NUSA TENGGARA BARAT.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (36MB) | Preview

Abstract

Beragam budaya, adat-istiadat dan suku yang dimiliki bangsa Indonesia adalah kekayaan yang tak ternilai harganya. Mulai dari ujung timur sampai ujung barat Indonesia memiliki kekhasan dan keunikannya masing-masing. Hal ini merupakan warisan yang sangat berharga dari nenek moyang bangsa kita yang patut di jaga dan dilestarikan dari generasi ke generasi. Karena keberlangsungan suatu adat dan budaya di suatu tempat tidak terlepas dari bagaimana generasi penerusnya dalam melestarikan dan mempertahankannya. Di jaman global seperti sekarang ini, dimana semua informasi dapat di akses secara bebas melalui dunia internet, ini berakibat pada masuknya pangaruh budaya luar baik yang bersifat positif ataupun yang negatif ke negara kita. Untuk itu perlu adanya suatu filter terhadap masuknya budaya luar ke negara kita. Dengan mempertahankan dan melestarikan adat dan budaya bisa menjadi salah satu benteng dalam menyaring pengaruh budaya luar. Selain itu untuk menghindari pengakuan budaya suatu negara oleh negara lainnya.

Bentuk pelestarian adat dan budaya melalui kegiatan inventarisasi karya budaya, bertujuan untuk mendokumentasikan suatu karya budaya yang masih asli dari suatu daerah tertentu. Tradisi Bau Nyale merupakan karya budaya yang perlu di inventarisasikan karena Tradisi Bau Nyale merupakan tradisi yang dimiliki oleh masyarakat Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Bali
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:17
Last Modified: 29 Dec 2023 02:17
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29335

Actions (login required)

View Item View Item