Supangat, Riboet and Supangat, Sri Surayati and Nurwidayati, Y. Indarti and Romawati, Sri Muryantini and Hardani, Kayato and Prasetyo, Himawan (2007) Pusaka aksara Yogyakarta: alih aksara dan alih bahasa prasasti koleksi Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta. Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PUSAKA AKSARA YOGYAKARTA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (41MB) | Preview

Abstract

Secara etimologis 'prasasti ' diartikan sebagai 'pujian'. Namun, di dalam rekonstruksi sejarah kuna Indonesia 'prasasti' adalah sebuah artefak bertulis yang isinya banyak mengenai keputusan resmi dari kerajaan. Di antaranya mengenai pemberian status perdikan kepada sebuah desa, pengurangan pajak, hingga keputusan tentang hukum. Bermula dari batu dan logam bertulis inilah, peri kehidupan masyarakat kuna dapat kita ketahui dan pahami.
Yogyakarta sebagai kota budaya selain memiliki tinggalan arsitektur yang elok berwujud Candi, ternyata juga kaya akan tinggalan tertulis berupa prasasti. Prasasti yang berasal dari abad 9 hingga 10 Masehi ini digoreskan pada batu logam tembaga, perunggu, bahkan emas. Difungsikan sebagai sarana upacara hingga batas wilayah tanah perdikan Prasasti adalah warisan leluhur yang tak terhingga kandungan sejarahnya.
Buku ini memuat lebih dari 40 buah prasasti yang telah dialih aksara dan alih bahasakan. Kesemuanya kini menjadi koleksi pada Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta. Dengan terbitnya buku ini, diharapkan generasi muda saat ini mengenali kembali catatan-catatan bernilai historis ini.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Arkeologi
Pendidikan > Kebudayaan > Candi
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPCB D.I.Yogyakarta
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:12
Last Modified: 20 Dec 2023 02:12
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29329

Actions (login required)

View Item View Item