Proyek Penelitian Pengkajian dan Pembinaan Nilai-Nilai Budaya, Proyek Penelitian Pengkajian dan Pembinaan Nilai-Nilai Budaya (1992) Pola pengasuhan anak secara tradisional daerah Nusa Tenggara Timur. Proyek Penelitian Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya, Jakarta.

[img]
Preview
Text
POLA PENGASUHAN ANAK SECARA TRADISIONAL DAERAH NUSA TENGGARA TIMUR'.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (45MB) | Preview

Abstract

Pola pengasuhan anak sebagai suatu tata perilaku kehidupan masyarakat merupakan bagian dari budaya suatu masyarakat, yang dalam keterlibatan dan keterkaitannya merupakan proses hubungan timbal balik antara anak, orangtua, kaum kerabat dan masyarakat. Dalam pola pengasuhan ini terkandung banyak gagasan penting, nilai yang diyakini masyarakat pendukung atau pemilik pola tersebut yang selalu terus diwariskan.
Dalam masyarakat pedesaan di Nusa Tenggara Timur pengasuhan anak masih berpola tradisional, walaupun di sana-sini sudah terdapat penerapan pola baru sebagai akibat hubungan dan interaksi dengan masyarakat di desa tetangga dan masyarakat perkotaan. Sebagian besar masyarakat setempat sudah dan terus mengembangkan pola kehidupan mereka dengan menyesuaikan diri terhadap pola baru walaupun tidak sering sama, karena perbedaan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh. Khususnya generasi muda yang berada di kota pada umumnya sudah melupakan pola-pola tradisional, seperti pengasuhan anak, kecuali bagi mereka yang berinteraksi terus dengan masyarakat pedesaan. Berkurangnya perhatian dan pemahaman generasi muda terhadap pola tradisional ini dapat terjadi sebagai akibat adanya keinginan berorientasi pada pola baru dan kurang memperhatikan pola budaya tradisional, tidak terlalu memahami pesan-pesan yang terkandung dalam pola tradisional, serta belum ada atau kurangnya dokumen tertulis tentang pola tradisional, khususnya tentang pola pengasuhan anak.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:57
Last Modified: 24 Jan 2024 01:57
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29307

Actions (login required)

View Item View Item