Nawi, Marnis and Saaduddin, Jusrizal and Nasir, Mohd. and Ibrahim, Anwar and Nurhayati, Nurhayati and Karim, Sutarman (1980) Pola pemukiman penduduk pedesaan daerah Sumatera Barat. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Jakarta.

[img]
Preview
Text
POLA PEMUKIMAN PENDUDUK PEDESAAN DAERAH SUMATERA BARAT.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (35MB) | Preview

Abstract

Pemukiman suatu masyarakat dapat berlokasi di daerah pedesaan atau di daerah perkotaan. Sehubungan dengan kegiatan inventarisasi dan dokumentasi ini, data dan informasi yang akan direkam dan dianalisa mengenai pola pemukiman dibatasi pada pedesaan. Atau dengan kata lain suatu land settlement yang bersifat rural.
Di Propinsi Sumatera Barat, secara administratif, desa merupakan suatu kesatuan daerah pemerintahan yang setingkat di bawah kecamatan, yang dikenal dengan istilah "nagari" dan dipimpin oleh seorang "Wali Nagari". Setiap "nagari" terbagi lagi atas beberapa "jorong". Dari 543 nagari yang ada di Sumatera Barat, 539 buah terletak di daratan Sumatera, sedangkan empat nagari lainnya di Kepulauan Mentawai.
Dalam kegiatan ini terpilih dua nagari sebagai sampel, masing-masing mewakili pemukiman suku bangsa Minangkabau, dan pemukiman suku bangsa Mentawai. Nama nagari dan alasan pemilihan desa sampel ini akan dijelaskan secara khusus sesuai dengan TOR. Desa sampel yang dipilih tidak termasuk nagari yang menjadi pusat pemerintahan kecamatan. Tetapi hal ini hanya dapat diterapkan secara mumi pada desa-desa yang berada di wilayah Sumatera Barat bahagian daratan karena menurut fakta yang ditemui wilayah kecamatan yang terdapat di Kepulauan Mentawai identik dengan nagari.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:41
Last Modified: 23 Jan 2024 04:41
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29303

Actions (login required)

View Item View Item