Data, Muh. Yamin and Akhsan, Bakhtiar and Mansyur, Muh. Orif (1982) Sistem kesatuan hidup setempat daerah Sulawesi Selatan. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Jakarta.

[img]
Preview
Text
SISTEM KESATUAN HIDUP SETEMPAT DAERAH SULAWESI SELATAN.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (69MB) | Preview

Abstract

"Sistem kesatuan hidup setempat" mernpakan ikatan yang erat antara pendukung suatu kehidupan dengan tempat kediamannya. Sebagai akibat perubahan kebudayaan di Indonesia khususnya di pedesaan, telah terjadi perubahan wujud-wujud kebudayaan dalam kesatuan hidup setempat. Hal itu telah merubah bentuk dan sifat dari pada kesatuan hidup setempat itu. Pembangunan yang giat dilaksanakan dewasa ini, pada hakekatnya merupakan proses pembaharuan di segala bidang. Proses ini menuntut pula perubahan-perubahan kebudayaan dalam masyarakat, termasuk di dalamnya sistem kesatuan hidup setempat. Perubahan-perubahan, baik berjalan secara lambat maupun cepat, selain tidak menggeser wujud-wujud kebudayaan yang lama, di lain pihak dapat menimbulkan ketegangan-ketegangan sosial dalam masyarakat pendukungnya.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Komunitas suku Bugis, Desa Goarie, Komunitas Makasar, Desa Samata, Suku Toraja, Desa Manggau, Adat Toraja
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:10
Last Modified: 24 Jan 2024 01:10
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29282

Actions (login required)

View Item View Item