Handoko, Soewarto and Rumbewas, Dominggus and Sawaki, Marthen and Krenak, Thontje (1984) Permainan anak-anak Irian Jaya. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah Irian Jaya, Jayapura.

[img]
Preview
Text
PERMAINAN ANAK-ANAK DAERAH IRIAN JAYA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (55MB) | Preview

Abstract

Buku ini merupakan lanjutan naskah permainan rakyat dari daerah. yang sama, yang diterbitkan pada tahun 1980/1981. Penggantian judul dari permainan rakyat menjadi permainan anak-anak adalah sesuai dengan petunjuk pola penelitian tematis Proyek Inventarisasi Dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah Irian Jaya yang pada dasarnya mengidentikkan permainan rakyat dengan permainan anak-anak. Dalam buku ini termuat 23 jenis permainan anak-anak, yang secara keseluruhannya mengandung unsur edukatif, kompe-
titif dan rekreatif, juga unsur magis religeus atau permainan yang diwajibkan oleh adat masyarakat pendukungnya. Lepas dari bobot dan sifat permainan anak-anak tersebut, usaha ini sudah merupakan suatu rintisan untuk menggali dan melestarikan warisan budaya daerah, yang penting artinya bagi usaha-usaha pembinaan lebih lanjut.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Permainan Tradisional
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:21
Last Modified: 09 Jan 2024 03:22
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29255

Actions (login required)

View Item View Item