Abdurrachman, Abdurrachman and Sumantri, Ani and Dwiharti, Wieke and Konar, Anto Achadiat and Adrian, Ghazi Yusuf Husain (1985) Perkampungan di perkotaan sebagai wujud proses adaptasi sosial Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img]
Preview
Text
PERKAMPUNGAN DI PERKOTAAN SEBAGAI WUJUD PROSES ADAPTASI SOSIAL.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (58MB) | Preview

Abstract

laporan penelitian merupakan deskripsi tentang proses adaptasi sosial dalam warga masyarakat yang tergolong berpenghasilan rendah yang tinggal di kampung-kampung miskin di Jakarta. Mereka memiliki suatu cara hidup atau kebudayaan yang tersendiri, yang berbeda dari kebudayaan mereka yang berpenghasilan tinggi dan tinggal di tempat-tempat yang dianggap elit.
Melalui pendekatan kebudayaan berbagai masalah diungkapkan, yaitu keteraturan sosial yang terdapat di perkampungan miskin yang dianggap paling cocok untuk menghadapi kondisi miskin di lingkungan yang bersangkutan. Keteraturan sosial yang dimiliki oleh warga masyarakat itu adalah model-model pengetahuan yang dipahami dan dijadikan sebagai pedoman bertingkah laku.
Berdasarkan pada keteraturan sosial ini, kampung-kampung miskin yang berada di kota Jakarta dapat dibagi dua tipe, yaitu tipe kampung miskin yang sifatnya homogen, dan tipe kampung miskin yang sifatnya heterogen. Hogentitas dan keterogenitas ini dapat diketahui atas 3 dasar.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: pemukiman, pola kehidupan agama, keluarga, Kampung Jatibaru, Kampung Prumpung
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:52
Last Modified: 23 Jan 2024 02:52
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29250

Actions (login required)

View Item View Item