Acil, Asmawi Anang and Roesmanto, Roesmanto and Abd. Djabar, Abd. Djabar (1991) Pemukiman sebagai kesatuan ekosistem daerah Kalimantan Timur. Bagian Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Daerah Kalimantan Timur, Jakarta.

[img]
Preview
Text
PEMUKIMAN SEBAGAI KESATUAN EKOSISTEM DAERAH KALIMANTAN TIMUR.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (32MB) | Preview

Abstract

Pengaruh teknologi di satu pihak dan usaha untuk meningkatkan taraf kehidupan suatu bangsa atau taraf hidup suatu masyarakat, maka antara desa yang satu dengan desa yang lain dapat dilihat perbedaan tingkat kemantapan hubungan ditinjau dari ekosistem. Ekosistem yang terjadi atas bentukan kata ekologis memberikan arah arah sampai tingkat yang bagaimana hubungan manusia bersama mahluk hidup lainnya dengan lingkungannya yang merupakan suatu sistem tersendiri. Kemantapan hubungan timbal balik dari berbagai indikator inilah yang dipergunakan untuk membedakan antara desa swasembada, desa swakarya, dan desa swadaya. Bagaimana mata pencaharian penduduk, produksiya, adat-istiadatnya, kelembagaan yang ada di desa tersebut, pendidikannya terutama pendidikan tingkat Sekolah Dasar, gotong-royongnya dan bagaimana prasarana transportasinya.
Buku ini diterbitkan untuk mengetahui kedudukan desa swasembada dalam perkembangannya ke arah ekosistem yang mantap. Selanjutnya juga mengumpulkan/merekam serta menganalisa data dari desa swasembada dan desa swakarya dalam usaha memenuhi kebutuhan pokok, tingkat kekritisan penduduk dalam menerima unsur-unsur budaya dari luar, bagaimana tingkat kerukunan hidup, keanekaragaman mata pencaharian, bagaimana penduduk memenuhi kebutuhan rebuasi, dan selanjutnya juga bagaimana komposisi penduduk menurut umur.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kampung Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:09
Last Modified: 17 Jan 2024 03:09
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29146

Actions (login required)

View Item View Item