Ja'far, Ja'far and A., Soerojo B and Arifin, Mimin (1986) Pemukiman sebagai kesatuan ekosistem daerah Jambi. Direktorat Jenderal Kebudayaan, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan penelitian kebudayaan)
PEMUKIMAN SEBAGAI KESATUAN EKOSISTEM DAERAH JAMBI.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (13MB) | Preview

Abstract

Tujuan umum penelitian ini dapat dirumuskan sebagai pengungkapan kedudukan desa swasembada dilihat dari ekosistem yang mantap. Desa swasembada sebagai desa termaju mempunyai kesempatan berkembang lebih lanjut dibandingkan dengan desa tahapan pertama dan kedua. Sementara itu, tujuan khusus penelitian ini adalah mengumpulkan, merekam dan menganalisis variabel tertentu yang digunakan sebagai indikator pemenuhan kebutuhan pokok, kekritisan penduduk menerima unsur-unsur budaya dari luar, kerukunan hidup, keragaman mata pencaharian, pemenuhan kebutuhan rekreasi, dan komposisi umur penduduk. Karena indikator itu sukar diungkapkan secara mutlak, cara yang ditempuh dalam membandingkannya dengan desa tahap swakarya.
Apa yang telah dibicarakan pada dua bagian yang lalu, yaitu baik mengenai gambaran umum pedesaan maupun desa sebagai ekosistem didasarkan pada data dan informasi yang diperoleh melalui pengamatan, serta wawancara dengan informan pangkal dan responden Desa Tempino sebagai desa swasembada dan Desa Pelawan sebagai desa swakarya Penelitian ini diawali dengan hipotesis yang beranggapan bahwa desa swasembada adalah ekosistem yang mantap. Kemantapan itu dapat dicapai apabila pemenuhan kebutuhan pokok, tingkat kekritisan dalam menerima unsur budaya dari luar, kerukunan hidup, keragaman mata pencaharian pokok dan mata pencaharian sampingan, pemenuhan kebutuhan rekreasi dan atau hiburan, serta komposisi penduduk berdasarkan umur berada dalam kondisi yang relatif menguntungkan, atau setidak-tidaknya pencapaian keenam variabel ini lebih tinggi di desa swasembada daripada di desa swakarya. Sebagaimana diketahui desa swasembada sendiri adalah perkembangan lebih lanjut daripada desa swakarya Oleh karena itu, cara yang ditempuh dalam pelaksanaan penelitian dan penulisan laporan adalah membandingkan kedua desa sampel yang bersangkutan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 21 Feb 2024 02:09
Last Modified: 21 Feb 2024 02:09
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29128

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot