Kaseng, Syahrudin and Alimuddin, Alimuddin and Mahmuddin, Andi and Rasdiana, Rasdiana (1987) Pemetaan bahasa-bahasa di Sulawesi Tenggara. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Jakarta.

[img]
Preview
Text
PEMETAAN BAHASA-BAHASA DI SULAWESI TENGGARA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (31MB) | Preview

Abstract

Buku ini memuat gambaran tentang bahasa-bahasa di Sulawesi Tenggara yang meliputi nama (berdasarkan pemberian dari pemakainya), peta wilayah, dan hubungan antara bahasa yang satu dengan yang lainnya.
Daerah Sulawesi Tenggara telah dijelajahi oleh orang-orang yang ingin memanfaatkan kekayaan alam yang dimilikinya, terutama yang berupa kekayaan sumber alam. Namun, sampai kini data dan informasi tentang bahasa-bahasa yang hidup di daerah itu dapat dikatakan sangat kurang, baik tentang jumlah maupun tentang struktur, kedudukan dan fungsi bahasa itu masing-masing dalam masyarakat pendukungnya serta jumlah penuturnya.
Pengumpulan data dan informasi kebahasaan sangat perlu untuk pemeliharaan bahasa-bahasa di daerah itu , yang merupakan sarana kegiatan budaya setempat. Usaha pemeliharaan bahasa daerah sekaligus merupakan usaha pemeliharaan kebudayaan daerah. Hal ini menjadi dasar yang kuat untuk memelihara, membina, dan mengembangkan kebudayaan nasional, terutama dalam kaitannya dengan pengaruh dan dominasi kebudayaan asing/Barat sebagai salah satu konsekuensi hasrat bangsa Indonesia untuk mengikuti kehidupan masyarakat modem yang dipelopori oleh negeri Barat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Daerah
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Divisions: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 08 Dec 2023 05:47
Last Modified: 08 Dec 2023 05:47
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29108

Actions (login required)

View Item View Item