Gustami, Gustami and Saptoto, Saptoto and Narno, Narno (1985) Pola hidup dan produk kerajinan keramik kasongan. Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara, Yogyakarta.

[img]
Preview
Image
COVER DEPAN POLA HIDUP DAN PRODUK KERAJINAN KERAMIK KASONGAN YOGYAKARTA.jpg - Cover Image
Copyright All Rights Reserved

Download (970kB) | Preview
[img]
Preview
Text
POLA HIDUP DAN PRODUK KERAJINAN KERAMIK KASONGAN YOGYAKARTA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (77MB) | Preview

Abstract

Buku ini merupakan laporan penelitian yang berjudul "Pola Hidup dan Produk Kerajinan Keramik Kasongan Yogyakarta" ini telah berhasil mengungkap berbagai aspek kehidupan dan cara berproduksi dari masyarakat pengrajin Jawa yang tinggal di bagian tenggara Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang setiap harinya bergelut dengan tanah liat. Para peneliti berpendapat bahwa sifat pasrah yang ada pada para pengrajin merupakan hambatan utama dari usaha pengembangan kerajinan keramik Kasongan. Namun sebaliknya, anjuran untuk mengembangkan kemampuan kreatif mereka, kadang-kadang juga kurang mendapat tempat, karena produk-produk baru masih memerlukan konsumer pula. Tahap demi tahap diharapkan agar para pengrajin selalu tanggap terhadap dampak melandanya barang-barang industri dan teknologi maju, agar mereka tetap akan bisa hidup dengan kerajinan keramiknya.

Buku ini sangat bermaanfaat bagi para seniman pengrajin, baik bagi mereka yang seprofesi dengan pengrajin Kasongan, maupun seniman kerajinan dari seni kriya lainnya. Bahkan lebih luas, buku ini juga patut dibaca oleh para pencinta seni dan budaya Jawa pada khususnya, dan budaya Indonesia pada umumnya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Seni rupa
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:58
Last Modified: 17 Jan 2024 03:58
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29104

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot