Penerbit Ilmu Giri dan Kemdikbud, Penerbit Ilmu Giri dan Kemdikbud (2014) Pesantren dalam paradigma kebudayaan dan kebangsaan. Penerbit Ilmu Giri, Yogyakarta. ISBN 9792553487, 9789792553482

[img]
Preview
Text
PESANTREN DALAM PARADIGMA KEBUDAYAAN DAN KEBANGSAAN.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (126MB) | Preview

Abstract

Proceeding buku ini yang kami beri judul Pesantren dalam Paradigma Kebudayaan dan Kebangsaan adalah hasil dari serangkaian sarasehan bertema "Pesantren dan Kebudayaan Nusantara." Sarasehan tersebut diselenggarakan di enam pesantren/tempat di wilayah Jawa, dan berlangsung dalam rentang waktu tiga bulan terakhir di penghujung tahun 2013. Masing-masing sarasehan mengambil topik sarasehan yang berbeda dengan beberapa narasumber yang juga berbeda, yang kompeten di bidangnya.

Benang merah yang menyambungkan keenam sarasehan tersebut
adalah bahwa pesantren tetap dipandang memiliki posisi yang strategis baik dalam kerangka pengembangan Islam Nusantara, avant-garde dari kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, hingga pesantren sebagai pusat pengembangan pendidikan Islam dan pemberdayaan masyarakat yang lebih luas dalam segala bidang kehidupan. Tak terkecuali adalah ternyata pesantren merupakan satu-satunya lembaga keagamaan yang mampu merawat dan memelihara kebudayaan lokal masyarakat.

Penyusunan proceeding buku ini dimaksudkan sebagai upaya dokumentasi terhadap serangkaian sarasehan yang telah tergelar, dengan harapan pikiran-pikiran bernas dari para narasumber ini bisa menjadi semacam upaya untuk menggali kembali akar budaya bangsa yang saat ini mengalami krisis jati diri untuk menemukan kembali nilai dan arti Indonesia yang sebenarnya.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Arsitektur Islam Nusantara, Kraton, Kauman, Islam-Jawa, Budaya Wirausaha, Koperasi, Lingkungan Hidup
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 19 Jan 2024 01:44
Last Modified: 19 Jan 2024 01:44
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29095

Actions (login required)

View Item View Item