Nashir, Abd. and Muttaqien, Zaenal (1995) Persepsi tentang etos kerja kaitannya dengan nilai kebudayaan masyarakat di Kelurahan Ciracas Kecamatan Ciracas Jakarta Timur D.K.I Jakarta. Bagian Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jakarta.

[img]
Preview
Text
PERSEPSI TENTANG ETOS KERJA KAITANNYA DENGAN...CIRACAS JAKTIM.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (15MB) | Preview

Abstract

Bagian proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya (P2NB) DKI Jakarta yang telah menggali dan mencetak naskah-naskah kebudayaan daerah DKI Jakarta demi nilai-nilai luhur budaya bangsa dalam rangka memperkuat penghayatan dan pengamalan pancasila demi tercapainya ketahanan nasional di bidang sosial budaya.

Pada tahun anggaran 1995/1996 Bagian Proyek dan Pembinaan Nilai-Nilai Budaya DKI Jakarta mencetak naskah hasil penelitian tahun 1994/1995 yang berjudul : "Persepsi tentang etos kerja kaitannya dcngan nilai kebudayaan masyarakat di Kelurahan Ciracas Kecamatan Ciracas Jakarta Timur D.K.I. Jakarta".

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menggali sistem budaya masyarakat di Indonesia yang berpengaruh pada sikap dan mentalitas pendukung suatu kebudayaan. Umumnya masyarakat Betawi banyak dipengaruhi oleh sistem nilai budaya Islam. Dengan demikian kebanyakan masyarakat Betawi yang merupakan penduduk asli Jakarta dalam mata pencahariannya adalah berdagang. Hal itu sejalan dengan metode penyebaran agama Islam di Indonesia melalui jalur perdagangan. Hanya sejak jaman Orde Baru, masyarakat Betawi mulai bergeser mata pencahariannya, seperti menjadi pegawai negeri, karyawan swasta, sektor informal dan sebagainya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:08
Last Modified: 18 Jan 2024 03:08
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29089

Actions (login required)

View Item View Item