Warnaen, Suwarsih and Rusyana, Yus and Wibisana, Wahyu and Gama, Yudistira and Djiwapradja, Dodong (1987) Pandangan hidup orang sunda seperti tercermin dalam tradisi lisan dan Sastra Sunda. Bagian Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Sunda (Sundanologi), Bandung.

[img]
Preview
Text
PANDANGAN HIDUP ORANG SUNDA SEPERTI TERCERMIN DALAM TRADISI LISAN.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (74MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang wujud pandangan hidup orang Sunda ini lebih merupakan studi penjajagan, mengingat area studi tentang pandangan hidup masih amat langka, sehingga konsep-konsep dasar dan metode yang digunakan dalam penelitian ini pun masih merupakan usaha untuk menemukan konsep dan metode yang dianggap cocok dengan pokok masalah yang diteliti. Begitu pula sampel yang dianalisis masih sangat terbatas.

Betapapun, dari hasil penelitian ini telah terungkap serba sedikit tentang pandangan hidup orang Sunda, yang dapat diguna�kan sebagai bahan untuk dapat lebih memahami nilai-nilai yang dianggap baik dan yang didambakan oleh orang Sunda dalam kehidupan pribadi serta tautannya dalam kehidupan bermasyarakat, dalam hubungan dengan alam, dengan Tuhan, serta dalam usahanya untuk mengejar kemajuan lahiriah dan kepuasan batiniah. Pemahaman itu akan berguna, baik bagi orang Sunda agar dapat lebih serasi dan selaras dalam melakukan darma baktinya dalam kehidupan ini, maupun bagi pembinaan kebudayaan nasional Indonesia, yang tentulah harus mengindahkan nilai-nilai yang baik yang sudah tumbuh dalam tradisi masyarakat Indonesia, untuk dikembangkan menjadi bagian dari akar-akar yang mengokohkan kebudayaan nasional.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:23
Last Modified: 08 Jan 2024 06:23
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28922

Actions (login required)

View Item View Item