Seno, Seno and Devi, Silvia and Hariadi, Hariadi and Efrianto, Efrianto and Undri, Undri and Ajisman, Ajisman (2013) Kearifan lokal dan upaya pelestarian. Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang, Padang. ISBN 9786028742641

[img]
Preview
Text
KEARIFAN LOKAL DAN UPAYA PELESTARIAN 2013.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (104MB) | Preview

Abstract

Bunga Rampai ini memuat beberapa tulisan yang terkait dengan bidang budaya dan kesejarahan di daerah Provinsi Bengkulu. Buku ini merupakan telaahan berkenaan dengan kearifan lokal tersebut, yang dikenal juga dengan sebutan local genius. Lokasi utama penelitian terdiri atas: 6 (enam) tulisan mengambil tempat di Provinsi Bengkulu dan 1 (satu) tulisan mengambil lokasi di Kabupaten Pasaman. Pada masing-masing lokalitas diidentifikasi kearifan lokal melalui berbagai pendekatan, seperti sosiologi, antropologi, dan sejarah.
Karangan-karangan yang dikumpulkan merupakan hasil penelitian para penulis, yang dalam keseluruhannya mungkin tidak menunjukkan suatu perpaduan bersifat bulat. Akan tetapi hasil penelitian mereka kalau dipahami secara integratif, maka sesungguhnya dapat menjadi pedoman buat merencanakan upaya pelestarian kearifan lokaL khususnya di Bengkulu dan di lokal-lokal lainnya di Indonesia.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sumatera Barat
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:43
Last Modified: 21 Dec 2023 01:43
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28838

Actions (login required)

View Item View Item