Simatupang, G.R. Lono Lastoro and Mudjijono, Mudjijono and Nurdiyanto, Nurdiyanto and Himami, Naely and Retmawati P, Carolina and Suharjo, Bagas and Buhari, Buhari (2012) Pendidikan karakter berbasis pendidikan seni budaya di kota Surakarta. Balai Pelestarian Nilai Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PENDIDIKAN DAN SENI BUDAYA DI KOTA SURAKARTA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (91MB) | Preview

Abstract

Buku ini disusun berdasarkan sebuah studi tentang pelaksanaan pendidikan karakter berbasis pendidikan seni budaya di empat sekolah dasar dalam wilayah Kota Surakarta. Komposisi sekolah lokasi penelitian terdiri dari dua sekolah negeri dan dua sekolah swasta; tiga sekolah (dua swasta dan satu negeri) tergolong sekolah favorit, sementara satu sekolah negeri yang lain termasuk dalam kategori sekolah 'biasa'. Penelitian dilakukan secara kualitatif.
Dalam buku ini, memaparkan dasar pemikiran pendidikan karakter, keterkaitan antara pendidikan seni budaya dan pendidikan karakter, faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan karakter berbasis pendidikan seni budaya, serta sejumlah rekomendasi terkait penerapan pendidikan karakter melalui pendidikan seni budaya. Hasil studi menunjukkan bahwa meskipun pendidikan seni budaya memiliki peluang besar menjadi wahana pendidikan karakter, namun terindikasi muatan nilai dan watak yang ditanamkan serta dikembangkan dalam proses pendidikan seni budaya, masih bersifat umum (misalnya kedisiplinan, kerjasama, kepemimpinan), belum sepenuhnya terkait dengan materi seni budaya yang diajarkan. juga terindikasi adanya kecenderungan penekanan lebih besar pada dimensi pencapaian keterampilan (skill) daripada penanaman dan pengembangan watak dan nilai.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB D.I.Yogyakarta
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:28
Last Modified: 26 Oct 2023 04:28
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28465

Actions (login required)

View Item View Item