Sitanala, J.E. and Noya, J. and Siahaya, J and Leuwol, E. and Ferdinandus, J. and Tutuhatunewa, E. (1981) Pemukiman sebagai kesatuan ekosistem: kasus desa swasembada Daerah Maluku. Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Ambon.

[img]
Preview
Text
PEMUKIMAN SEBAGAI KESATUAN EKOSISTEM.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (42MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah dimanakah kedudukan desa swasembada itu dilihat dari ekosistem yang mantap. Dalam studi ini, kemantapan ekosistem akan diukur melalui variabel pemenuhan kebutuhan pokok, tingkat kekritisan, kerukunan hidup, keragaman mata pencaharian, pemenuhan kebutuhan rekreasi, dan kompoisi penduduk berdasarkan umur.
Ruang lingkup wilayah adalah desa swasembada sebagai obyek utama dan desa swakarya sebagai pembanding di Propinsi Maluku.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kedudukan desa swasembada di Maluku dalam perkembangannya kearah ekosistem yang mantap. Tujuan ini dapat dicapai dengan cara mengumpulkan/merekam dan menganalisis data dari desa swasembada dan desa swakarya dalam hal pemenuhan kebutuhan pokok, tingkat kekritisan penduduk dalam menerima unsur-unsur budaya luar, kerukunan hidup, keragaman mata pencaharian, pemenuhan kebutuhan rekreasi, dan komposisi penduduk berdasarkan umur.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:39
Last Modified: 05 Jan 2024 04:39
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28458

Actions (login required)

View Item View Item