Umry, Shafwan Hadi and Nasution, M. Saleh and Syaritsa, T. Sita and Nainggolan, M. (1994) Diskripsi tari ahoi-ahoi. Proyek Pembinaan Kesenian Sumatera Utara . Direktorat Jenderal Kebudayaan, Medan.

[img]
Preview
Text
DISKRIPSI TARI AHOI-AHOI.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (8MB) | Preview

Abstract

Diskripsi Tari Ahoi-ahoi adalah salah satu kegiatao Bidang Kesenian Kanwil Depdikbud Propinsi Sumatea Utara yang ditunjang dana Proyek Pembinaan Kesenian Sumatera Utara Tahun Anggaran 1994/1995. Kegiatan Diskripsi ini adalah mcrupakan k.egiatan diskripsi yang ke-6 yang diadakan oleh Proyek Pembinaan kesenian Sumatera Utara. Yang pertama ialah Diskripsi Tari "Sarama Siriaon Daerah Tapanuli Selatan yang kedua Diskripsi Tari Gubang daerah Asahan/Tg.Balai, yang ketiga Diskripsi "Tari Sawan" daerah Tap Utara, yang keempat Diskripsi "Opera Batak" daerah Tap. Utara dan yang kelima Diskripsi Tari "Manganjaki takal-takal daerah Pakpak/Dairi.
Tari Ahoi-Ahoi yang menj:adi bahan garapan diskripsi ini adalah satu jenis tari tradisional daerah Melayu terdapet di Langkat. Tari ini adalah salah satu kekayaan khasanah kesenian tradisional Indonesia yang ada di Propinsi Sumatera Utara yang dikenal memiliki banyak ragam etnis, yang di samping etnis Melayu terdapet etnis Karo, etnis Dairi, etnis Tapanuli Selatan, etnis Nias, etnis Batak Toba/ Tap.Utara, etnis Pesisir Tapanuli Tengah dan etnis Simalungun.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Tarian Tradisional
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Pendidikan > Kebudayaan > Seni pertunjukkan
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 13 Jun 2023 09:40
Last Modified: 13 Jun 2023 09:40
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28323

Actions (login required)

View Item View Item