Huong, Ing and Pawennari, Hamid and Rahim, Arnold (1995) Upacara daur hidup suku saluan. Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Sulawesi Tengah, Palu.

[img]
Preview
Text
UPACARA DAUR HIDUP SUKU SALUAN.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (29MB) | Preview

Abstract

Buku ini memberikan sedikit gambaran umum tentang pola laku masyarakat Saluan dalam menjalani atau memasuki tahap-tahap tertentu dalam perjalanan hidupnya. Pelaksanaan rangkaian upacara yang mengacu pada waktu-waktu tertentu dalam kehidupan seseorang ini, didorong oleh suatu motivasi yang sangat kuat berdasarkan emosi keagamaan atau religi yang kompleks, dan membentuk perpaduan antara keyakinan agama murni dengan kepercayaan akan nilai-nilai tradisional yang baku.
Perpaduan antara kepercayaan asli yang bersumber dari leluhur, dengan yang relatif masih baru dari luar, yang bermanifestasi dalam segala tingkah laku berpola itu, dari waktu ke waktu dan dari tempat ke tempat lainnya, sedikit demi sedikit mengalami perubahan. Perwujudan tingkah laku tersebut merupakan hasil dari suatu seleksi, di mana hanya pola-pola laku yang sesuai dan diterima sebagai sesuatu yang terbaik oleh masyarakat Saluan yang akan tetap bertahan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:43
Last Modified: 16 Jan 2024 02:43
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28259

Actions (login required)

View Item View Item