Melati, Anastasia and Minami, Anggi and Nugrahini, D. S. and Rahmi, Dwita Hadi and Wijoyono, Elanto and Salim, Hairus and Gombloh, Joko and Adishaki, Laretna T. and Hadiwinoto, Suhadi (2010) Pendidikan pusaka Indonesia: panduan untuk guru sekolah dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kementerian Pendidikan Nasional, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN PUSAKA INDONESIA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (84MB) | Preview

Abstract

Buku ini merupakan panduan bagi guru Sekolah Dasar di DIY
dalam mempersiapkan bahan ajar bagi anak didiknya. Panduan ini berisi bahan dasar yang dapat diolah dan dikembangkan sendiri oleh guru dalam memberikan pembelajaran pusaka
pada murid. Dalam memberikan pengetahuan, menanamkan pemahaman dan menumbuhkan kesadaran bagi anak-anak sesuai kelasnya, guru hendaknya mampu memilih metode pembelajaran yang tepat, mudah dicema oleh anak-anak dan mengasyikkan.

Tujuan utama dalam pendidikan pusaka ini adalah guru dapat mengajak anak didiknya untuk:
1. mengenal keragaman pusaka alam dan budaya serta memahami makna dan fungsinya dalam kehidupan
2. menyayangi dan mencintai pusaka alam dan budaya
3. memahami kehidupan multi kultural, menghormati dan menghargai keragaman,
4. tergerak untuk memelihara dan melestarikan pusaka, serta mencegah kerusakan pusaka alam dan budaya

Untuk mencapai tujuan tersebut dalam berbagai kesempatan baik saat mengajar maupun dalam kegiatan sehari-hari guru perlu pula menunjukkan keberpihakan pada pelestarian pusaka.
Karena keberhasilan pembelajaran ini sangat dipengaruhi oleh contoh-contoh nyata dalam keseharian dan dilakukan dengan senang hati, bukan keterpaksaan. Pelestarian pusaka
hendaknya menjadi bagian dari gaya hidup.

Tiap-tiap daerah di Indonesia memiliki keragaman pusaka yang berbeda satu dengan lainnya. Demikian pula DIY yang memiliki potensi dan persoalan pusaka spesifik daerah ini. Untuk itu tiap-tiap daerah perlu memiliki Buku Panduan Guru SD untuk Pendidikan Pusaka daerah masing-masing. Melengkapi buku panduan ini diterbitkan pula Buku Seri Pendidikan Pusaka untuk Anak (SPPA) Daerah Istimewa Y ogyakarta.

Seri buku ini ditulis dan disunting oleh guru, murid dan pelestari anggota Tim Pendidikan Pusaka dengan didukung Tim Artistik yang mengolah naskah menjadi cerita bergambar dan komik yang menarik untuk anak-anak. Pada tahap awal ini diterbitkan 25 buah buku SPPA yang mengangkat pusaka-pusaka yang ada di sekeliling anak-anak dan umurnnya menjadi bagian dari kehidupan mereka sehari-hari. Target buku SPPA adalah anak-anak SD kelas 4-6. Masih ribuan pusaka di DIY yang perlu diolah untuk diperkenalkan dan dipahamkan bagi anak-anak. Semoga buku-buku tersebut dapat membantu pula menjadi
inspirasi dan referensi dalam penyusunan buku panduan maupun Seri Pendidikan Pusaka untuk Anak di banyak daerah di Indonesia.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Pelestarian budaya
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Sastra Indonesia
Pendidikan > Kebudayaan > Wayang
Pendidikan > Kebudayaan > Alat Musik Tradisional
Pendidikan > Kebudayaan > Tarian Tradisional
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Senjata Tradisional
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Pendidikan > Kebudayaan > Seni pertunjukkan
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 22 Nov 2023 03:55
Last Modified: 22 Nov 2023 03:55
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28234

Actions (login required)

View Item View Item