Sipayung, Hernauli and Lingga, S. Andreas (1994) Ragam hias (ornamen) rumah tradisional Simalungun. Museum Negeri Propinsi Sumatera Utara, Medan.

[img]
Preview
Text
RAGAM HIAS (ORNAMEN) RUMAH TRADISIONAL SIMALUNGUN.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (16MB) | Preview

Abstract

Suku bangsa Batak Simalungun adalah salah satu suku bangsa yang mendiami daerah Sumatera Utara dengan budaya yang berbeda dari sub suku bangsa lain, salah satu perbedaan tersebut adalah rumah adat. Rumah adat merupakan kesatuan organisasi dimana terdapat pembagian tugas yang tegas dan teratur untuk mencapai tujuan bersama di bawah pimpinan penghuni jabu bona, yaitu orang-orang pendiri rumah termasuk yang dituakan dan dihormati. Disebut jabu bona karena pada waktu membangun pangkal kayu dirangkai dari sebelah Timur dan ujung kayu ke sebelah Barat. Ruangan rumah dibagian ujung kayu disebut jabu ujung, ruangan tengah disebut jabu tongah.
Rumah adat asli Simalungun dibangun dengan menggunakan galang terbuat dari kayu bulat dan besar yang disusun saling bertindih (horizontal) menggunakan palas dan basikah juga terbuat dari kayu bulat. Dindingnya dibuat dari papan, ada juga dari tepas, berlantai papan, atapnya ijuk, tidak mempunyai jendela. Sebagai pengganti jendela dibuat ruang mata, sebagai tempat mengintip dari dalam rumah, berbentuk segitiga, oval, salib, dan sebagainya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Rumah Tradisional
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 12 Jan 2024 05:52
Last Modified: 12 Jan 2024 05:52
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28180

Actions (login required)

View Item View Item