Radjijati, Radjijati and Arief, Suwondo (1996) Upacara tradisional labuhan di Pantai Mgliyep Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Kantor Wilayah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Surabaya.

[img]
Preview
Text
UPACARA TRADISIONAL LABUHAN DI PANTAI NGLIYEP DESA KEDUNGSALAM.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (25MB) | Preview

Abstract

Di luar lembaga pendidikan yang formal sifatnya para warga masyarakatjuga mengalami proses sosialisasi denganjalan pergaulan serta menghayati pengalaman bersama dengan warga masyarakat lainnya, sehingga akhirnya mampu menyesuaikan diri dengan linglmngan kehidupan sosial budayanya. Proses sosialisasi itu ditempuh secara non formal, dan yang paling dirasakan akrab ialah pergaulan antar sesama anggota keluarga sendiri. Di samping pendidikan yang formal dan non formal tersebut di atas, ada juga suatu bentuk sarana sosialisasi bagi warga masyarakat tradisional khususnya, ialah yang disebut "upacara tradisional".

Penyelenggaraan upacara itu penting artinya bagi pembinaan sosial budaya warga masyarakat yang bersanglmtan, antara lain karena salah satu fungsinya adalah sebagai pengokoh norma-norma, serta nilai-nilai budaya yang telah berlaku turuntemurun.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 04 Jan 2024 04:30
Last Modified: 04 Jan 2024 04:30
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28162

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot