Delly, H.S.M. and Wahyuningsih, Wahyuningsih and Thaher, Ishaq and Iwarman, Iwarman and Jamil, Ardan and Julismawati, Julismawati (1989) Pola pengasuhan anak tradisional Daerah Sumatera Barat. Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
POLA PENGASUHAN ANAK TRADISIONAL DAERAH SUMATERA BARAT.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (63MB)

Abstract

Pengasuhan anak atau child rearing adalah bagian dari proses sosialisasi yang paling penting dan paling mendasar. Fungsi utama dari pengasuhan anak adalah mempersiapkan seorang anak untuk menjadi warga masyarakat. Pengasuhan anak meliputi mendidik, menjaga dan merawat serta membimbing anak-anak dalam keluarga. Jadi berarti pengasuhan anak tidak hanya menjaga atau mengawasi anak itu, tetapi di dalamnya meliputi pendidikan, baik dalam sopan santun, menghormati orang, mengajarkan tentang disiplin dan kebersihan, bahkan memberikan pengetahuan mengenai masalah seks serta mengajarkan bagaimana seorang wanita dan seorang laki-laki seharusnya bersikap serta memperkenalkan kebiasaan lainnya.

Pengasuhan anak tidak sama bentuknya pada setiap keluarga atau setiap suku bangsa, karena hal itu sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor kebudayaan yang mendukungnya, seperti faktor pendidikan, faktor stratifikasi sosial, faktor mata pencaharian dan faktor kebiasaan lainnya dalam hidup ini.Karena adanya bermacam-macam variabel itu maka timbullah perbedaan dalam pengasuhan anak. Demikian pula halnya
dengan cara orang-orang atau masyarakat perkotaan dalam mengasuh anak mereka. Berkaitan dengan uraian tersebut di atas, maka penelitian serta penulisan mengenai aspek yang berjudul Pola Pengasuhan Anak secara tradisional ini akan dilandaskan kepada hal-hal berikut ini.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:47
Last Modified: 04 Jan 2024 03:47
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28003

Actions (login required)

View Item View Item