Putra, Nengah and Rahayu, Yayuk and Tjitrohardjono, Soeharto and Sudarmadji, Sudarmadji and Pangeran, Kisman (1986) Pertumbuhan pemukiman masyarakat di lingkungan perairan Daerah Nusa Tenggara Barat. Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Jakarta.

[img] Text
PERTUMBUHAN PEMUKIMAN MASYARAKAT DI LINGKUNGAN PERAIRAN DAERAH NTB.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (22MB)

Abstract

Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang terdiri atas beberapa pulau kecil. Dua pulau yang tampak relatif besar dibanding dengan pulau lain di propinsi itu adalah Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Di kedua pulau ini lingkungan perairan berwujud laut relatif luas sedangkan lingkungan perairan darat (rawa dan danau) relatif sempit. Mayoritas penduduk (98 ,2%) Propinsi Nusa Tenggara Barat kegiatan jasa dan produksi berorientasi ke darat, yaitu 85% sebagai petani/peternak dan 13 ,2% sebagai pegawai negeri. Hanya 1,8% penduduk yang kegiatan jasa dan produksi berorientasi ke lingkungan perairan, yaitu sebagai nelayan dan pengusaha tambak. Persebaran pemukiman nelayan dan pengusaha tambak ini tampak relatif jauh lebih besar di Pulau Sumbawa daripada di Pulau Lombok, walaupun jumlah penduduk Pulau Lombok hampir tiga kali penduduk Pulau Sumbawa.

Potensi lingkungan perairan di Indonesia termasuk perairan Propinsi Nusa Tenggara Barat cukup besar, tetapi belum dibarengi pemanfaatan yang sepadan. Dalam rangka pembinaan dan peningkatan kesejahteraan hidup penduduk di lingkungan perairan serta penggalian potensi yang ada diperlukan masukan-masukan berupa pengetahuan serta tingkat adaptasi penduduk tentang hamparan perairan

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Rumah Tradisional
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 03 Jan 2024 07:58
Last Modified: 03 Jan 2024 07:58
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27939

Actions (login required)

View Item View Item