Achmad, Hasyim and Surachmad, S. Indrawati and Karim, Said (1983) Permainan anak-anak daerah Kalimantan Timur. Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Jakarta.

[img] Text
PERMAINAN ANAK ANAK DAERAH KALIMANTAN TIMUR.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (43MB)

Abstract

Tujuan pokok dari Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, khususnya aspek permainan anak-anak di daerah adalah untuk merekam kembah nasil kebudayaanyang berupa permainan anak-anak tersebut agar jangan sampai punah oleh akibat datangnya alat-alat permainan modern. Kita ketahui bahwa permainan anak-anak pada jaman dahulu sebagian besar mempunyai nilai-nilai positif bagi pertumbuhan rohani dan jasmani anak-anak dan memupuk perkembangan sosial anak-anak. Sebab hampir semua permainan pada jaman dahulu selalu.dimainkan oleh anak-anak secara berkelompok.

Karena salah satu fungsi permainan sebagai hiburan, maka permainan itu adalah milik masyarakat pendukungnya. Oleh sebab itu permainan tersebut dapat menyebar kemana-mana, karena permainan itu bukan milik individu, sehingga proses dalam penyebarannya mengalami perubahan atau penyimpangan dari bentuk, aturan-aturan serta jalannya permainan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Permainan Tradisional
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 02 Jan 2024 05:12
Last Modified: 02 Jan 2024 05:12
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27905

Actions (login required)

View Item View Item