Abu Bakar, Bustami and Sudirman, Sudirman and Dewi Wanti, Irini and Waryanti, Sri and Priyotomo, Iskandar Eko and Lestari, Titit and Farsyah, Mudha (2005) Buletin Haba nomor 36 tahun 2005: sejarah dan budaya Suku Bangsa Tamiang. Buletin Haba (36). pp. 1-37. ISSN 14103877

[img] Text (Informasi Sejarah dan Budaya Aceh-Sumut)
2005-Haba 36.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB)

Abstract

Keanekaragaman suku bangsa yang dimiliki Indonesia oleh sebagian orang saat ini dianggap sebgai faktor penghambat bagi pesatuan dan kesatuan bangsa. Pemikiran ini dilandasi oleh pendapat bahwa akan sangat lebih mudah mempersatukan masyarakat yang hanya terdiri dari sedikit suku bangsa. Pendapat ini tentu saja salah karen sebenarnya keanekaragaman yang dimiliki bangsa ini merupakan suatu anugrah yang tak terkira dari Tuhan Yang Maha Esa dengan adanya keanekaragaman suku bangsa yang lain sehingga terjalin suatu persatuan yang kuat.

Suku bangsa Tamiang yang mendimi wilayah administrasi kab. Tamiang Provinsi Nagnggroe Aceh Darussalam merupakan bukti bahwa masyarakat Aceh juga memiliki Keanekaragaman. Masyarakat Tamiang termasuk ke dalam etnis Melayu yang masih mempertahnkan kebudayaannya sampai saat ini.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Aceh
Depositing User: Nurmila Khaira
Date Deposited: 08 Dec 2023 04:51
Last Modified: 08 Dec 2023 04:52
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27802

Actions (login required)

View Item View Item