Syamsuddin, T. and Seno, Seno and Wahyuni, Sri and Nursaniah, Cut and Lestari, Titit and Budi Wibowo, Agus (2003) Buletin Haba nomor 27 tahun 2003: perempuan dalam perspektif sejarah dan budaya. Buletin Haba (27). pp. 1-41. ISSN 14103877

[img] Text (Informasi Sejarah dan Budaya Aceh-Sumut)
2003-Haba 27.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (5MB)

Abstract

Apabil kita membincangkan perempuan terasa tidak akan habis-habisnya. Banyak hal yang dapat dikupas, dari berbagai sudut pandang, bik dari sudut pandang ideologi, sosial, budaya, ekonomi, politik, maupun dari sudut pandang hankam. Seperti halnya laki-laki, perempuan seharusnya mempunyai hak dan kewajiban yang sama di dalam masyarakat menurut ajaran agama islam jelas-jelas mengajarkan bahwa perempuan dan laki-laki mempunyai kedudukan yang sama.
kedua-duanya mendapat tugas dan kewajiban yang sama terhadap tuhan penciptanya, terhadap sesama manusia dalam masyarakat, serta sama-sama mendapat hak dan wewenang sesuai dengan amal perbuatan dan kedudukannya. Namun apa yang kita lihat selama berabad-abad? telah terjadi diskriminasi gender antara laki-laki dan perempuan, baik dalam keluarga, masyarakat, maupun negar, pada berbagai aspek kehidupan. Konstruksi sosial-budaya yang diciptakan oleh manusia telah menelorkan suatu teori yang berkaitan dengan pembagian kerja/peran secara seksual. Perempuan tidak dipandang lagi sebagai makhluk yang sama derajatny dengan laki-laki.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Aceh
Depositing User: Nurmila Khaira
Date Deposited: 07 Dec 2023 04:35
Last Modified: 07 Dec 2023 04:35
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27799

Actions (login required)

View Item View Item