Wijaya, Arif and De Saputra, Syahrial (2003) Ulu Riau : pelabuhan bersejarah di Pulau Biram Dewa. Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Tanjunpinang, Tanjungpinang.

[img] Text
Ulu Riau - Pelabuhan Bersejarah di Pulau Biram Dewa.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (39MB)

Abstract

Ada beberapa sebab mengapa Kemaharajaan Melayu mengalami dinamika yang sangat cepat mulai dari bandar Sri Malaka, Johor dan Riau Lingga. Dari segi geografi; memang terletak pada tempat pertemuan dari angin Muson yang, selalu bertiup dalam setengah tahun berganti arah.
Dengan ini menjadi tempat persinggahan utarna peniaga-peniaga dari dunia timur dan barat, seperti Parsia, Gujarat, India, dan China. Keselamatan; pelabuhan-pelabuhan tersebut diatas mempunyai kemudahan-kemudahan yang baik, dan lagi daripada segi keselamatan mendapat jaminan dari pemerintah (Raja Malaka dan Johor) ketika itu.
Pengaruh penyebaran agarna Islam; dimana sepanjang abad saudagar-saudagar Islam mulai menanamkan pengaruhnya di semenanjung Melayu hingga ke Kepulauan Riau. Hal ini menjadi daya tarik yang menarik dari pedagang-pedagang muslim.
Barang-barang yang diperdagangkan oleh pedagang dari peniaga India adalah kain benang kapas, pelikat, senjata, gincu, bau-bauan, tembaga merah, air raksa, kain arab. Saudagar dari Benggala yaitu obat-obatan dan candu. Saudagar dari China membawa kain Sutera, tembikar,kain benang emas, kain satin, dan tembaga. Peniaga dari kawasan Nusantara dan Melayu sendiri mewarkan bunga cengkih, buah pala, kayu cendana, lada hitam dan emas, bijih timah, emas, kapur barus, beras, dan akar kayu-kayuan untuk obat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:39
Last Modified: 05 Jan 2024 04:39
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27746

Actions (login required)

View Item View Item