Proyek Pembinaan Peninggalan Sejarah dan Kepurbakalaan Pusat, Direktorat Jenderal Kebudayaan (1996) Studi pemintakatan Situs Kompleks Percandian Dieng. Proyek Pembinaan Peninggalan Sejarah dan Kepurbakalaan Pusat, Jakarta.

[img] Text
Studi Pemintakan Situs Kompleks Percandian Dieng.PDF - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (31MB)

Abstract

Kompleks Percandian Dieng terdiri dari gugusan Candi Arjuna, candi Dwarawati, dan candi Bima merupakan peninggalan sejarah dan purbakala yang mempunyai nilai penting untuk dilestarikan dalam satuan keruangan dataran Dieng yang mencakup dua wilayah administratif, yaitu : Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.
Pelestarian benda cagar budaya ini meliputi pelestarian fisik selain dari bangunan-bangunan candi yang ada juga diperlukan adanya lahan yang memadai untuk pengamanannya, agar nilai benda cagar budaya tersebut tetap terpelihara diperlukan adanya rambu-rambu yang berupa pedoman yang berkaitan dengan peruntukan lahan yang melingkupinya untuk itu diperlukan bentuk-bentuk penetapan lahan dalam satu satuan keruangan yang diwujudkan dalam bentuk mintakat atau zoning.
Hasil dari pemintakatan pada Kompleks Percandian Dieng ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai acuan peruntukan dan penataan lahan yang ada di areal Daratan Percandian Dieng, dengan berwawasan pelestarian dan pengembangannya dapat dilakukan dengan melalui penataan lahan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Arkeologi
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:45
Last Modified: 18 Jan 2024 03:45
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27690

Actions (login required)

View Item View Item