Nuryahman, Nuryahman and I Ketut Sudharma, Putra and Santosa, Dwi Bambang (2013) Situs makam selaparang di Lombok Timur: dalam perspektif pengajaran sejarah dan pengembangan wisata sejarah. Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali, Yogyakarta. ISBN 9786022581215

[img] Text
Situs Makam Selaparang di Lombok Timur.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (32MB)

Abstract

Makam Selaparang terletak di Desa Selaparang Kecamatan Swela, ± 60 km dari Mataram melalui Aikmei-Swela-Selaparang atau Aikmei-Pringgabaya-Selaparang. Oleh masyarakat Lombok, Makam Raja Selaparang ini dikeramatkan dan selalu dikunjungi oleh para peziarah pada hari-hari tertentu. Selaparang adalah kerajaan Islam tertua di Lombok sekitar permulaan abad ke-15. Beberapa ahli sejarah menyebutkan bahwa sebelumnya kerajaan Hindu yang didirikan oleh Ratu Mas Pahit pada masa kerajaan Majapahit di Jawa, salah seorang keturunan Prabu Brawijaya yang kemudian ditaklukan oleh pasukan Majapahit, di bawah pimpinan Senopati Nala. Tentang siapa nama raja selaparang ini ada beberapa yang disebut masyarakat, cerita tradisi yaitu Raden Mas Pakenak Dewa kerajaan Mas Pakel, Raden Prakasa dan Batara Selaparang. Jadi, sejak zaman Hindu yang kemudian beralih ke zaman Islam, Kerajaan Selaparang, menurut hasil penelitian ahli sejarah, mempunyai hubungan dengan Bali, Jawa, Sumbawa, Makasar (Goa) dan Banjarmasin. Hubungan tersebut nampak pada bentuk bangunan fisik yang berarsitektur dari berbagi asal daerah dan agama.
Hal inilah yang merupakan ciri khas Makam Selaparang yang tidak akan dijumpai di tempat lain. Situs makam Selaparang merupakan salah satu warisan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia, serta membutuhkan perhatian yang lebih serius dari semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. Situs Makam Selaparang sebagai salah satu warisan budaya bangsa, juga dapat dikembangkan sebagai objek wisata dan menarik untuk dikaji dalam proses pengembangan sebagai obyek wisata di Lombok Timur.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Arkeologi
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Bali
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:17
Last Modified: 26 Oct 2023 07:19
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27685

Actions (login required)

View Item View Item