Chirstyawaty, Eny and Ernawati, Ernawati (2013) Seni tenun songket : nagari pandai sikek, sepuluh koto tanah datar. Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya, Jakarta.

[img] Text
Seni Tenun Songket.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (29MB)

Abstract

Tenun adalah salah satu seni tradisional yang ada Nusantara, terutama di alam Minangkabau, juga di ranah yang masuk dalam budaya Melayu Nusantara. Salah satu jenis kain tenun tradisional tersebut dikenal dengan nama songket. Dalam penggolongan kain tenun, songket dimasukkan dalam keluarga tenunan brokat. Kata songket berasal dari istilah sungkit dalam bahasa Melayu dan bahasa Indonesia, yang berarti "mengait" atau "mencungkil". Hal ini berkaitan dengan metode pembuatannya; mengaitkan dan mengambil sejumput kain tenun, dan kemudian menyelipkan benang emas. Istilah menyongket berarti 'menenun dengan benang emas dan perak'.
Buku ini yang diterbitkan oleh Direktorat internalisasi Nilai Dan Diplomasi Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dimaksudkan untuk menginformasikan berbagai kerajinan tradisional yang dimiliki Nusantara, salah satunya tenun songket yang merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia yang hingga kini masih dipertahankan dan dilestarikan. Pandai Sikek merupakan salah satu nagari yang termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Nagari ini terletak di dekat Batusangkar, ibu kota dari Kabupaten Tanah Datar. Nagari Pandai Sikek juga dikenal sebagai tempat pengrajin tenun, dan ini diapresiasikan oleh pemerintah Republik Indonesia dalam gambar mata uang pecahan 5.000 rupiah.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Pakaian Tradisional
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:20
Last Modified: 12 Jan 2024 06:20
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27668

Actions (login required)

View Item View Item