Suratmin, Suratmin and Tashadi, Tashadi and Moeljono, Moeljono and Poliman, Poliman (1980) Sejarah pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Yogyakarta.

[img] Text
Sejarah Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (82MB)

Abstract

Kota Yogyakarta sudah lama kita kenal sebagai kota perjuangan, kota revolusi, kota pariwisata dan sebagainya. Dari apa yang sudah diuraikan di muka dapatlah kita memperoleh gambaran, bahwa kota Yogyakarta juga merupakan kota pendidikan.
Adanya sekolah-sekolah yang meliputi segala jenjang dan hampir segala jenis pendidikan merupakan konfirmasi dari pernyataan di muka. Taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolal1 lanjutan tingkat pertama (SLTP), sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) dan perguruan tinggi, terdapat di kota itu. Malah tingkat pendidikan yang lebih tinggi lagi dari pada yang sudah disebutkan terdapat pula di situ, yaitu tingkat pendidikan yang terkenal dengan nama "program pasca sarjana" dan "program doktor" yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada.
Dilihat dari segi jenisnya, sekolah umum, sekolah teknik, sekolah pertanian, sekolah guru, sekolah kerumah tanggaan (misalnya SKKA), sekolah farmasi, sekolah koperasi, sekolah perindustrian, dan sebagainya terdapat pula di kota tersebut. Malahan, sekolah-sekolah yang sukar ditemukanpun misalnya sekolah guru pendidikan luar biasa dan sekolah anak-anak cacat mental, dapat kita temukan di situ, di kota yang terkenal dengan gudegnya itu terdapat beberapa universitas, beberapa buah institut, beberapa buah sekolah tinggi, dan berpuluh-puluh buah akademi.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 28 Dec 2023 08:16
Last Modified: 28 Dec 2023 08:16
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27627

Actions (login required)

View Item View Item