Sumartono, Sumartono and Sedyawati, Edi and Burhan, M. Agus and Alkatiri, Zeffri and Triatmodjo, Suastiwi and Sholahuddin, Sholahuddin (2009) Sejarah kebudayaan Indonesia: seni rupa dan desain. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
Sejarah Kebudayaan Indonesia.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (85MB)

Abstract

Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia ini mempunyai empat makna strategis untuk memperkokoh dan mengembangkan kebudayaan. Pertama, nilai strategis budaya sebagai penyebar standar simbolis dan komunikasi budaya. Kedua, sebagai referensi identitas kolektif, yang secara historis rasa kebangsaan itu tumbuh berkat solidaritas yang lahir dari identitas sebagai wujud kesadaran sejarah dan budaya. Ketiga, kebudayaan berdampak positif pada bidang ekonomi karena dapat menggerakkan kegiatan kreativitas, yang berbasis budaya. Keempat, pelestarian kekayaan kolektif yang mencakup budaya, sejarah, tradisi, dan seni.
Terbitnya buku Sejarah Kebudayaan Indonesia ini yang terdiri atas 8 (delapan)
jilid ini, adalah perwujudan dari kesungguhan para penulis dalam menuangkan pengetahuan dan kemampuan profesionalnya berdasarkan perspektif keilmuannya menulis sejarah kebudayaan bangsanya. Hal ini sangat penting artinya sebagai sebuah pertanggungjawaban
atas tuntunan zaman yang menghendaki bahwa setiap generasi menulis tentang sejarahnya sendiri, dengan memberinya interpretasi dan irama yang sesuai dengan zamannya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:51
Last Modified: 22 Dec 2023 03:51
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27620

Actions (login required)

View Item View Item