Prabowo, Setiadi and Larasati, Ani and Suwarno, Suwarno and Isyanti, Isyanti and Maisa, Igih Adisa and Kurniawan, G. Septa Agung Kurniawan and Hariyadi, Agustinus (2012) Sanggar seni tradisi sebagai wahana pewarisan budaya lokal: padepokan tjipta boedaja tutup ngisor Kecamatan Dukun Kabupaten Malang. Balai Pelestarian Nilai Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Sanggar Seni Tradisi Sebagai Wahana Pewarisan Budaya Lokal.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (84MB)

Abstract

Tulisan yang disusun dari data primer maupun sekunder ini
bertujuan untuk mendeskripsikan 'kekuatan-kekuatan' Padepokan Tjipta Boedaja sebagai sebuah lembaga kesenian tradisional. Deskripsi-deskripsi dalam tulisan ini mencoba meneropong nilai-nilai yang terkandung dalam aspek-aspek kelembagaan, pendanaan, mekanisme keanggotaan, model transmisi nilai, jejaring, inovasi dan pengembangan, dan pementasan. Di samping itu tulisan ini mendeskripsikan model pewarisan nilai budaya yang telah diupayakan padepokan melalui fungsi-fungsi pendidikan informal, transmisi antar generasi, kelembagaan, pementasan dan fungsi lainnya bagi generasi muda.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor historis cukup berpengaruh terhadap kuatnya eksistensi padepokan. Secara kelembagaan, Padepokan Tjipta Boedaja memiliki kekuatan dalam hal pengaturan dan pengelolaan pendanaan, mekanisme keanggotaan, kejelasan model transmisi nilai, jejaring, inovasi dan pengembangan, dan pementasan. Selanjutnya, penelitian ini menunjukkan ritualisasi dalam
praktik berkesenian di Padepokan Tjipta Boedaja dan Dusun Tutup Ngisor merupakan sebuah proses penguatan akar-akar kekuasaan kultural dan sosial.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB D.I.Yogyakarta
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:40
Last Modified: 26 Oct 2023 08:40
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27605

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot